Archive for April 11, 2011

Seperti yang telah dikemukakan pada artikel sebelumnya, Pengertian Business Intelligence diatas, Dashboard merupakan salah satu area yang terdapat pada Business Intelligence. Dashboard pada dasarnya berguna bagi seorang pengambil keputusan yang terdapat didalam organisasi perusahaan. Salah satu contohnya pada studi kasus ini, yaitu pada Asisten Sales Manager PT.Xyz Regional Surabaya. Dashboard akan memberikan sebuah halaman berisi informasi kunci yang dibutuhkan bagi sang Manager untuk dimonitor, sehingga sang Manager dapat menemukan permasalahan secara cepat, dan memberikan aksi atau melakukan pengambilan keputusan dalam rangka membantu meningkatkan performa dari perusahaanya. Hal ini dikuatkan dengan pernyataan dari Shadan Malik pada bukunya yang berjudul Enterprise Dashboard. Dia menyatakan bahwa “The dashboard is the new face of the emerging information management field. Dashboards have become the vehicle of execution for several key initiatives being implemented among organizations worldwide” (Malik, 2005). Dashboard menjadi wajah baru dari penyatuan informasi manajemen. Dashboard juga telah menjadi sebuah kendaraan dalam menjalankan beberapa inisiatif kunci yang diimplementasikan oleh banyak organisasi didunia.

Ada beberapa macam tipe dari Dashboard, menurut Rasmussen dalam bukunya Business Dashboard mengemukakan 3 buah tipe Dashboard, yaitu:

  • Strategical Dashboard yang berfungsi sebagai pendukung garis organisasi dengan tujuan yang strategis.
  • Tactical Dashboard berfungsi sebagai pendukung pengukuran progress dalam kunci atau inisiatif proyek.
  • Operational Dashboard yang berfungsi sebagai pendukung monitoring dari aktifitas proses bisnis yang spesifik.

contoh dashboard

 

 

Istilah Business Intelligence pertama kali didengungkan pada tahun 1989 oleh Howard Dresner. Dia menggambarkan istilah tersebut sebagai seperangkat konsep dan metode yang berguna untuk meningkatkan pembuatan keputusan dengan bantuan sistem yang berbasiskan fakta atau realita yang terjadi.Menurut tim studi Busines Intelligence pada Departemen Keuangan Indonesia menyatakan,Business Intelligence (BI) merupakan sistem dan aplikasi yang berfungsi untuk mengubah data-data dalam suatu perusahaan atau organisasi (data operasional, data transaksional, atau data lainnya) ke dalam bentuk pengetahuan. Aplikasi ini melakukan analisis data-data di masa lampau,  menganalisisnya dan kemudian menggunakan pengetahuan tersebut untuk mendukung keputusan dan perencanaan organisasi(Indonesia, 2007).Dari definisi itu, dapat dikatakan bahwa Business Intelligence merupakan suatu sistem pendukung keputusan yang berdasarkan pada data-data fakta kinerja perusahaan. Business Intelligence berguna untuk mengefisienkan finansial, manusia, material serta beberapa sumber daya lainya. Dalam perkembanganya banyak orang setuju bahwa Business Intelligence telah banyak mencakup beberapa area teknologi dan proses, antara lain adalah:

  • Forecasting
  • Budgeting
  • Dashboarding
  • Reporting
  • Strategic Planning
  • Analysis
  • Scorecarding
  • Data Mining
  • Data Warehousing

langsung aja yang maw download klik link dibawah ini..

Download